[Tugas 1 Penkom – Membuat Blog]

Pergi ke IPB berjalan kaki
Berjalan kaki memikul jerami
Kenalkan nama saya Alfafa Zaki
Buah hati kesayangan papi mami

Semester baru semangat baru, UTS dan UAS biarlah berlalu, mari menatap hari depan untuk lebih maju. Ini adalah pertemuan pertama di perkuliahan tahun pertama kami, mahasiswa baru Departemen Statistika IPB angkatan 55. Untuk pertama kalinya kami berada dalam satu kelas. Karena di semester 2 ini ada matakuliah interdept, yaitu matakuliah khusus departemen. Untuk Departemen Statistika sendiri, mendapat mata kuliah Penerapan Komputer.

Pada pertemuan pertama ini, dibagi dua sesi, yaitu kuliah dan dilanjutkan praktikum. Kami mendapat materi tentang pengenalan komputer secara umum pada sesi kuliah, dan pembuatan blog pada sesi praktikum. Pada pembuatan blog kami diajarkan membuat blog dalam bentuk WordPress yang dibimbing langsung oleh kakak-kakak asisten praktikum. Blog ini untuk kedepannya akan digunakan sebagai sarana pengerjaan tugas selama satu semester, ataupun sebagai sarana kreatifitas mahasiswa dalam menulis maupun untuk kepentingan lain.

WordPresss sendiri adalah penyedia jasa layanan blog yang berbasis website. Dalam WordPress ini kita bisa melakukan apa saja mulai dari memposting tulisan, menyebarkan informasi, bahkan sampai pada kepentingan bisnis bisa dilakukan disini, dengan berbagai kostumisasi yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan selera kita.

Nah, disini saya akan berbagi, bagaimana langkah-langkah dalam membuat WordPress.

1, Buka situs http://www.wordpress.com (Pliss, Jangan buka situs aneh – aneh). IYKWIM 🙂

2. Setelah itu, muncul halaman depan WordPress (Jangan lupa ucapkan salam sama mas ganteng).

Klik Mulai, untuk memulai pembuatan WordPress.

3. Setelah itu akan muncul langkah pertama dalam membuat WordPress yaitu registrasi email dan nama pengguna.

Setelah selesai, lalu klik Buat akun Anda.

4. Setelah itu Anda akan memasuki tahap 2. Anda diperintahkan mengisi nama yang diberikan pada situs, kategori blog dan tujuan dari blog.

Jika sudah, klik Lanjutkan.

5. Lalu, pada langkah ke 3, anda wajib mengisi alamat situs anda. Disini tersedia berbagai pilihan domain yang bisa digunakan untuk nama situs Anda.

Sebagai contoh, kali ini saya memilih domain yang gratis (.wordpress.com). Lalu klik Pilih (Hahaha… dasar maba maunya gratisan).

6. Pada langkah 4, Anda memilih pilhan paket yang sesuai dengan Anda. Setiap paket memiliki fleksibilitas dan fitur yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saya memilih Paket yang gratis. Kenapa saya pilih gratis? Bukannya ga mampu beli, karena emang ga punya duit aja. Namun, jika Anda orang kaya dan ingin memilih paket lain, maka Anda harus membayar sesuai pilihan paket. Lalu klik Mulai dengan Gratis.

7. Setelah itu, anda akan muncul tampilan pertama WordPress Anda. (Tampilannya masih polos, seperti hatiku kalau ga ada kamu).

8. Langkah selanjutnya, Anda melakukan verifikasi pada akun Email.

Klik Statistik pada bagian kiri blog anda, lalu klik Kirim ulang email.

9. Selanjutnya, secara otomatis Anda akan masuk ke Email Anda. (Bukan ke Email orang lain.)

Buka Email Verifikasi dan WordPress, lalu Klik di sini untuk Konfirmasi Utang.

10. Alhamdulillah akhirnya selesai. (Tuh dapet ucapan selamat).

Sekian tutorial membuat WordPress gratisan ala saya. Selanjutnya Anda bisa mulai mengeksplor sendiri blog Anda. Mohon maaf saya cuma bisa nganterin sampai sini aja.

Jika Anda suka segera ungkapkan jangan dipendam, jika tidak suka mungkin dia terlalu baik buat Anda.

TERIMAKASIH. Salam buat bapak ibumu di rumah 🙂

Tinggalkan komentar